EKSPOSE HASIL EVALUASI SAKIP PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BUNGO TAHUN 2022

EKSPOSE HASIL  EVALUASI SAKIP PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BUNGO TAHUN 2022

Pada Hari, Selasa tanggal 23 Mei 2023 bertempat di Aula Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo telah dilaksanakan Ekspose  Hasil Evaluasi AKIP Kabupaten Bungo oleh Inspektorat Daerah, Bappeda, dan Bagian Organisasi yang merupakan bagian dari Tim Sakip Kabupaten Bungo.  

Ekspose kali ini merupakan kelanjutan dari ekspose internal APIP Inspektorat Kabupaten Bungo yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya  pada hari Senin tanggal 22 Mei 2023.

Ekspose memaparkan hasil  Evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah meliputi 45 (empat puluh lima) Perangkat Daerah  Kabupaten Bungo Tahun 2022 berdasarkan Peraturan Bupati Bungo nomor 36 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo.

Evaluasi dilaksanakan terhadap 4 (empat) komponen manajemen kinerja yakni Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Evaluasi Internal Akuntabilitas Kinerja.

Sebelum evaluasi dilakukan, Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo telah melakukan Asistensi/  Pendampingan terkait dokumen perencanaan kinerja meliputi penyusunan CASCADING, pohon kinerja, Indikator Kinerja Utama dan perjanjian kinerja Perangkat Daerah.

Berbeda dengan evaluasi sebelumnya, evaluasi atas SAKIP Perangkat Daerah Tahun 2022 memanfaatkan teknologi informasi berbasis aplikasi yakni aplikasi e-SAKIP Kabupaten Bungo. Diharapkan langkah maju ini dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Bungo untuk mencapai good governance dan mendukung pencapaian nilai SAKIP minimal BB.