Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo mengikuti Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo mengikuti Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Jakarta, 30 April 2024 — Dalam rangka peningkatan Reformasi Birokrasi (RB), Pemerintah Kabupaten Bungo telah mengambil langkah strategis dengan menghadiri Asistensi Pelaksanaan RB yang diadakan oleh Kementerian PAN RB di Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. yang diwakili oleh Inspektorat Daerah dan Bagian Organisasi, Acara ini menandai komitmen daerah dalam memperkuat praktik RB.

Delegasi dari Pemerintah Kabupaten Bungo, yang telah mencapai nilai “B” dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) namun masih berjuang untuk meningkatkan Indeks RB, ditempatkan dalam kelas yang dirancang khusus untuk Pemerintah Daerah (Pemda) Wilayah I, dengan nilai SAKIP sudah “B”, tapi Indeks RB belum “B”.

Selama acara tersebut, para ahli dari Kementerian PAN RB memaparkan dua komponen utama evaluasi RB: RB General dan RB Tematik. Dalam RB General, terdapat 21 kegiatan utama yang harus dijalankan oleh pemerintah daerah, dengan 26 indikator kinerja yang harus dicapai. Sementara itu, RB Tematik berfokus pada dampak tematik RB dalam upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, pengendalian inflasi, dan promosi penggunaan produk dalam negeri.

Para peserta diberikan wawasan tentang strategi-strategi untuk meningkatkan reformasi birokrasi, termasuk:

  1. Peningkatan kualitas Rencana Aksi: Membangun RB General dan RB Tematik yang lebih terfokus untuk mencapai indikator-indikator kunci.
  2. Identifikasi Permasalahan: Menemukan dan memberikan rekomendasi untuk setiap indikator penilaian, khususnya yang belum mencapai skor yang diharapkan, sebagai dasar penyusunan rencana aksi.
  3. Pemetaan Indikator: Menilai indikator yang belum dievaluasi dan berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga (KL) terkait untuk memastikan evaluasi yang komprehensif.
  4. Penguatan Tim: Memperkuat Tim Reformasi Birokrasi Instansi (RBI) dan Tim Penilai Internal (TPI) untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan rencana aksi pada setiap tahapannya.

Dengan langkah-langkah ini, Pemerintah Kabupaten Bungo berharap dapat mencapai peningkatan yang signifikan dalam Indeks RB.