Forum Group Discussion - Kegiatan Rencana Aksi atas AoI Penilaian Kapabilitas APIP Tahun 2023

Forum Group Discussion - Kegiatan Rencana Aksi atas AoI Penilaian Kapabilitas APIP Tahun 2023

Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo pada hari Jum’at, tanggal 10 Maret 2023 telah melakukan Kegiatan FGD Rencana Aksi atas Area of Improvement (AoI) Hasil Evaluasi Penilaian Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo Tahun 2023.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Inspektorat Kabupaten Bungo dengan narasumber Wiwik Haryani, S.E., selaku assessor pada Tim Kapabilitas APIP Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo dan diikuti seluruh Pegawai pada Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo.
Kapabilitas APIP adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi Sumber Daya manusia (SDM) APIP yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 diamanatkan supaya seluruh tingkat pimpinan K/L/D menyelenggarakan kegiatan pengendalian atas keseluruhan kegiatan di instansi masing-masing yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai dengan pertanggungjawaban, harus dilaksanakan secara tertib, terkendali, serta efisien dan efektif. Salah satu unsur yang diperlukan untuk mendapatkan sistem pengendalian yang memadai adalah memperkuat peran APIP yang efektif.


Program peningkatan Kapabilitas APIP merupakan satu aksi berkelanjutan dan mencakup beberapa tahapan di dalamnya. Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo telah mencapai Level 3 (tiga) sebanyak 2 (dua) kali berurutan dengan nilai capaian pada Tahun 2022 sebesar 3,07.
Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong percepatan persiapan dokumen dan instrumen lainnya yang terbagi ke dalam 6 (enam) elemen yang nantinya akan dilakukan Evaluasi Penilaian Mandiri pada bulan Juli 2023 oleh Tim Evaluasi BPKP.
Dengan dilaksanakannya kegiatan FGD tersebut diharapkan Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo dapat bersinergi dan bekerja sama dalam memperbaiki dan melengkapi kekurangan atas AoI tersebut sehingga tujuan dan sasaran Inpektorat Daerah Kabupaten Bungo untuk mencapai Level 4 (empat) pada Tahun 2026 dapat terwujud.