KEGIATAN PPM REVIU RENCANA KERJA DAN ANGGARAN BERBASIS e-SIPD

KEGIATAN PPM REVIU RENCANA KERJA DAN ANGGARAN BERBASIS e-SIPD

Bertempat di aula Inspetorat Daerah Kabupaten Bungo, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo Hj. Suryana Hendrawati, SE.,ME,.CGCAE membuka kegiatan PPM yakni  ekspose Reviu RKA berbasis e-SIPD dilingkungan Kantor Inspektorat Kabupaten Bungo hari Jum’at tanggal 04 Oktober 2024.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pengawasan internal, Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo mengadakan PPM (Program Pelatihan Mandiri) untuk mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi E-Reviu. PPM tersebut dilaksanakan selama 3 Jam, hal ini bertujuan untuk membekali para ASN dengan keterampilan yang diperlukan dalam melakukan reviu atas dokumen perencanaan dan penganggaran, khususnya Rencana Kerja dan Anggaran (RKA). Materi PPM yang disampaikan oleh Bapak Eko Effriyanto Irban III mengacu pada Modul Reviu RKA berbasis SIPD yang telah diterbitkan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Dengan adanya aplikasi E-Reviu yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), diharapkan proses reviu dapat dilakukan secara lebih efisien dan akurat.

Bapak Eko Effriyanto selaku Narasumber memaparkan tata cara Reviu tersebut  dengan jelas dan langsung mempraktekkan di layar TV mulai dari awal Reviu RKA sampai terbit CHR nya. Para pereviu nantinya diharapkan dapak menjalin komunikasi yang aktif kepada OPD OPD yang kita Reviu terkait kelangkapan dokumen pendukung seperti TOR, KAK, RAB dan dokumen pendukung lainnya.