Ramadhan : Inspektorat Tetap Berkomitmen Berperan dalam Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah.

Ramadhan : Inspektorat Tetap Berkomitmen Berperan dalam Pengawasan Pengendalian Inflasi Daerah.

Muara Bungo (26 Maret 2024), Bertempat diruang zoom meeting rumah dinas Bupati Bungo hari ini (Senin, 25 Maret 2024) digelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengendalian Inflasi Daerah yang dilaksanakan secara daring. RAKOR yang dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir dihadiri oleh Asisten II, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan TPID Kabupaten Bungo.
Dalam arahannya Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir menyampaikan agar pemerintah daerah mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan di bulan ramadhan hingga menjelang lebaran. Pemerintah daerah agar lebih menggiatkan operasi pasar maupun gerakan pangan murah.
Sebagai komitmen pelaksanaan tugas ini Inspektorat Kabupaten Bungo juga hadir dalam kegiatan Rakor Pengendalian Inflasi Daerah tersebut. Inspektorat memastikan arahan dari pemerintah pusat benar-benar dijalankan dalam pengendalian inflasi daerah, sehingga roadmap pengendalian infasi di daerah menyangkut 4 K (ketersedian, keterjangkauan, kelancaran dan komunikasi yang efetif) dapat dijalankan oleh Organisasi Perangkat Daerah. Pada akhir bulan Maret ini Inspektorat juga akan melakukan aistensi berupa kegiatan monitoring pengawasan pengendalian inflasi daerah Triwulan I tahun 2024. Monitoring bertujuan untuk memastikan efektifitas pelaksanaan pengendalian inflasi di daerah.   Kegiatan asistensi yang dilakukan Inspektorat dalam pengendalian inflasi daerah meliputi asistensi identifikasi masalah dan langkah-langkah pengendalian yang lebih efektif, asistensi kebijakan-kebikan yang dapat diterapkan dalam pengendalian inflasi daerah, asistensi koordinasi yang lebih efisien antar lembaga dan sektor terkait, asistensi penentuan strategi dan tindakan konkret pengendalian inflasi daerah dan terakhir asistensi berupa kegiatan evaluasi dan monitoring.”