WORKSHOP EVALUASI RENCANA TINDAK PENGENDALIAN RISIKO PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BUNGO

WORKSHOP EVALUASI RENCANA TINDAK PENGENDALIAN RISIKO PERANGKAT DAERAH KABUPATEN BUNGO

Sesuai dengan Peraturan Bupati Bungo Nomor 34 tahun 2021 tentang pedoman Pengelolaan Risiko di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo dilaksanakan Workshop Evaluasi Rencana Tindak Pengendalian Risiko Perangkat Daerah Kabupaten Bungo Tahun 2023. Acara Workshop dilakukan selama 2 (dua) hari yakni pada tanggal 1 dan 4 Maret 2024 bertempat di Ruang Cempaka Bappeda Kabupaten Bungo. Peserta workshop berasal dari 18 (delapan belas) Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo. Narasumber berasal dari Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo dan Bappeda Kabupaten Bungo.

Acara ini merupakan tindak lanjut acara sebelumnya yang telah dilaksanakan pada awal tahun berupa pemanfaatan teknologi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMARI). Selain itu workshop juga merupakan upaya peningkatan kualitas pelaksanaan monitoring RTP pada Unit Pemilik Risiko (UPR) sebagai salah satu tindak lanjut hasil evaluasi BPKP Perwakilan Provinsi Jambi atas penilaian mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada Pemerintah Kabupaten Bungo.

Diharapkan melalui workshop ini Perangkat Daerah sebagai unit pemilik risiko mampu melakukan monitoring dan evaluasi atas RTP yang telah ditetapkan pada tahun 2023 sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya Perangkat Daerah juga diharapkan mampu menganalisis hambatan dan solusi untuk proses identifikasi risiko tahun 2024 yang lebih akuntabel.