SOSIALISASI PERCEPATAN SPI KPK TAHUN 2023 PEMERINTAH KABUPATEN BUNGO

SOSIALISASI PERCEPATAN SPI KPK TAHUN 2023 PEMERINTAH KABUPATEN BUNGO

Menindaklanjuti perintah Bupati Bungo pada tanggal 27 September 2023 dalam rangka percepatan pengisian kuesioner SPI KPK Tahun 2023 oleh pihak Internal (PNS) dan Eksternal (pengguna layanan), Inspektorat Daerah Kabupaten Bungo melaksanakan sosialisasi pada beberapa Perangkat Daerah dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Bungo terhitung tanggal 10 sampai dengan 30 Oktober 2023, kegiatan sosialisasi ini mengambil waktu pada pelaksanaan Apel Pagi pukul 07.30 s.d. 08.30 wib .

Pada hari pertama pelaksanaan sosialisasi percepatan SPI KPK Tahun 2023 pada tanggal 10 Oktober 2023, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo, ibu Hj. Suryana Hendrawati, S.E., M.E., bersama dengan Inspektur Pembantu Khusus, bpk. Zuhdi, S.E., dan Auditor pada Irbansus bpk. Luthfi Riki Saputra, S.H. melakukan sosialisasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Bungo. Berdasarkan data dari KPK RI, tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak internal (PNS) DPMPTSP baru mencapai 57% (16 dari 28 orang) sedangkan tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak eksternal (pengguna layanan) baru mencapai 8% (46 dari 575 orang). Pada kesempatan tersebut, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo menyampaikan kepada Kepala DPMPTSP berserta jajarannya sebagai berikut: (1). agar PNS yang sudah menerima WA dari KPK RI namun belum mengisi kuesioner SPI agar segera melakukan pengisian kuesioner tersebut, data pengisi kuesioner dijamin kerahasiaanya oleh KPK RI, (2) agar secara proaktif mensosialisasikan dan menghimbau masyarakat pengguna layanan DPMPTSP agar mengisi kuesioner SPI KPK Tahun 2023 dengan cara memindai barcode yang telah dipajang pada ruang pelayanan DPMPTSP Kab. Bungo.

Pada hari kedua pelaksanaan sosialisasi percepatan SPI KPK Tahun 2023 pada tanggal 11 Oktober 2023, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo, ibu Hj. Suryana Hendrawati, S.E., M.E., bersama dengan Inspektur Pembantu Khusus, bpk. Zuhdi, S.E., dan Auditor pada Irbansus bpk. Luthfi Riki Saputra, S.H. melakukan sosialisasi pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Darah (BP2RD) Kab. Bungo. Berdasarkan data dari KPK RI, tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak internal (PNS) BP2RD baru mencapai 56% (20 dari 36 orang) sedangkan tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak eksternal (pengguna layanan) baru mencapai 4% (11 dari 287 orang).

Pada hari ketiga pelaksanaan sosialisasi percepatan SPI KPK Tahun 2023 pada tanggal 12 Oktober 2023, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo yang diwakili oleh Inspektur Pembantu Khusus, bpk. Zuhdi, S.E., dan Auditor pada Irbansus bpk. Luthfi Riki Saputra, S.H. melakukan sosialisasi pada Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Bungo. Berdasarkan data dari KPK RI, tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak internal (PNS) Dinas Peternakan dan Perikanan baru mencapai 35% (11 dari 31 orang) sedangkan tingkat partisipasi pengisian kuesioner oleh pihak eksternal (pengguna layanan) baru mencapai 0% (0 dari 144 orang).