Inspektorat Asistensi Pelaksanaan Bazar Pangan Murah dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah

Inspektorat Asistensi Pelaksanaan Bazar Pangan Murah dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah

Jujuhan (Selasa, 22 Agustus 2023) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Dinas Ketahanan Pangan hari ini (Selasa 22 Agustus 2023) melakukan kegiatan bazar pangan murah yang bertempat di Pasar Raya Simpang Empat Rantau Ikil. Kegiatan bazar pangan murah rutin dilakukan di pasar-pasar kalangan di dusun dan kecamatan yang ada dalam Kabupaten Bungo. Komoditas pangan yang dijual merupakan komoditas pangan yang sudah disubsidi oleh pemerintah daerah, sehingga harga jual lebih murah dari harga pasar. Komoditas yang dijual pada kegiatan ini terdiri dari Beras ”Kita”, minyak goreng, bawang putih, cabe dan telur. Kegiatan bazar pangan murah ini bertujuan untuk pengendalian infalsi daerah dan menjaga daya beli masyarakat.

Sesui arahan Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME., kegiatan bazar pangan murah ini harus secara masif diadakan. Pemerintah daerah harus memastikan ketersedian dan keterjangkauan bahan pangan dan tetap menjaga daya beli masyakat.

Asistensi Inspektorat atas kegiatan bazar pangan murah bertujuan agar kegiatan pengendalian inflasi daerah dilakukan secara efektif dan tepat sasaran. Dalam beberapa kesempatan Inspektur Daerah Hj. Suryana Hendrawati, SE. ME. menyampaikan bahwa: ”asistensi Inspektorat dalam pengendalian inflasi daerah meliputi asistensi identifikasi masalah dan langkah-langkah pengendalian yang lebih efektif, asistensi kebijakan-kebikan yang dapat diterapkan dalam pengendalian inflasi daerah, asistensi koordinasi yang lebih efisien antar lembaga dan sektor terkait, asistensi penentuan strategi dan tindakan konkret pengendalian inflasi daerah dan terakhir asistensi berupa kegiatan evaluasi dan monitoring.”