Antisipasi EL NINO Bupati dan TPID Tinjau Ketersedian Cadangan Air dan Irigasi Pertanian

Antisipasi EL NINO Bupati dan TPID Tinjau Ketersedian Cadangan Air dan Irigasi Pertanian

Muara Bungo (Rabu, 16 Agustus 2023) - Menindaklanjuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Infalsi Daerah yang dilaksankan secara daring yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (14 Agustus 2023), sesuai arahan Mendagri dalam Rakor tersebut Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME. beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) langsung melakukan peninjauan ketersedian cadangan air dan irigasi pertanian (Selasa 15 Agustus 2023). Peninjauan ketersedian cadangan air dan irigasi dilakukan di Dusun Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal yang merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Bungo.

Selain TPID, Inspektur Daerah Kabupaten Bungo Hj. Suryana Hendrawati, SE. ME. juga ikut dalam kunjungan tersebut, Inspektur sebagai pengawal pelaksanaan pengendalaian infalsi di daerah ingin memastikan Pemerintah Daerah telah melakukan upaya-upaya dalam pengendalian inflasi daerah salah satunya kesiapan Pemerintah Daerah dalam antisipasi El Nino. Dalam peninjauan tersebut juga tampak hadir Camat Tanah Sepenggal dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dusun Teluk Pandak.

Dalam arahanya Bupati Bungo H. Mashuri, SP., ME. menyampaikan bahwa ”Pemerintah Daerah berkomitmen untuk melakukan antisipasi dan kesiapan menghadsapi El Nino yang dikhawtairkan dapat mempengaruhi ketersedian air dan produktivitas hasil pertanian. Melalui OPD terkait Pemerintah Daerah siap melakukan upaya-upaya mitigasi dampak El Nino.”